x

150 Pengurus Dan Pengelola Ponpes Ikuti Sosialisasi Eco Pesantren

BLITAR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar menyelenggarakan sosialisasi eco pesantren. Kegiatan berlangsung Rabu pagi (04/10), di Gedung Koesoemo Wicitro Kota Blitar.
Peserta sosialisasai eco pesantren ini merupakan seluruh pengurus dan pengelola pondok pesantren (ponpes) se Kota Blitar, yang jumlahnya sekitar 150 orang. Sementara narasumber terdiri dari 3 orang yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Blitar, dan dari ponpes Al - Kamal Kabupaten Blitar, yang terlebih dahulu telah menerapkan pesantren go green di lingkungannya. Suyatno Kasi Komunikasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar pada Rabu (04/10), menuturkan bahwa agenda ini sebagai wadah untuk mengajak masyarakat terutama di lingkungan pondok pesantren, agar lebih sadar lingkungan. Selain itu juga untuk mengajak warga agar lebih membudayakan lingkungan yang bersih, indah dan asri. Menurutnya, event ini merupakan yang pertama kali dilakukan di lingkup pesantren. Namun kedepannya, akan diagendakan secara rutin setiap tahun, dengan memberikan wawasan untuk menjaga lingkunagn yang baik.
Suyatno menambahkan, agenda ini telah sesuai dengan arahan dan kebijakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, tentang pemberian pemahaman untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ia menambahkan, selama ini pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi di sekolah negeri, namun belum melakukannya di lingklungan ponpes.(vik)
Share icon