x

Agar Stok Darah Stabil, Petugas UTD PMI Rutin Kirimkan Sms Bagi Pendonor

BLITAR - Sejak akhir tahun 2016 lalu, PMI Kota Blitar menggunakan aplikasi sistem komputerisasi untuk database pendonor sukarela. Sistem itu dikenal dengan SIMMUDA (System Informasi Manajemen Unit Donor Darah).
Kabianto Humas UTD PMI Kota Blitar pada Sabtu (30/09), mengatakan bahwa pemanfaatan simmuda membawa dampak positif. Karena identitas pendonor sukarela terinventaris dengan baik. Dampaknya sejak awal tahun 2017, seluruh stok dari 4 golongan darah di PMI Kota Blitar selalu aman. Tidak pernah mengalami kritis, artinya stok tiap golongan darah lebih dari 10 kantong. Melalui Simuda, akan dikirim pesan pendek ke telepon gengam pendonor, isinya mengingatkan jika sudah waktunya mendonorkan darah lagi, tepatnya sekitar 3 bulan sekali.
Menurut Kabianto, rata-rata pasca mendapatkan sms, pendonor sukarela akan datang ke PMI, untuk mendonorkan darah mereka. Bahkan saat ini tiap hari ada pendonor yang melakukan donor darah di UTD PMI Kota Blitar.
Adapun stok darah yang ada di PMI Kota Blitar Jumat (29/09), untuk Golongan A ada 83 kantong, Golongan B 150 sebanyak kantong, Golongan O sebanyak 279 kantong dan Golongan AB ada sebanyak 42 kantong.(ram)

Share icon