x

Apresiasi Jasa Pahlawan, Kodim 0808 Adakan Program Bedah Rumah Pejuang Veteran

BLITAR - Mulai Selasa (19/09), anggota Kodim 0808 Blitar dan warga, bekerja sama melakukan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) milik Sulaiman seorang pejuang veteran, yang berlokasi di Desa Jatisari RT 01 RW 07, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Sesuai target, bedah rumah selesai sebelum tanggal (05/10), bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TNI ke-72 tahun 2017.
Letkol Arhanud Surya Dani Komandan Kodim 0808 Blitar pada Selasa (26/09), menuturkan bahwa bedah rumah ini merupakan wujud apresiasi dan bentuk perhatian dari TNI sebagai penerus kepada para pejuang veteran yang telah berjuang dan memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia selama masa penjajahan. Program ini juga sesuai dengan komando Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantiyo yang menginstruksikan kalau jajaran TNI di wilayah harus membuatkan rumah layak huni untuk pejuang veteran. Setiap harinya, pihak Kodim 0808 menerjunkan 10 anggota TNI secara bergantian. Menurutnya, bangunan rumah yang dibangun itu berdiri di atas tanah hak milik pribadi berukuran 5 x 15 meter. Sebelum dibangun, rumah Sulaiman dengan kondisi memprihatinkan. Terdiri dari 1 kamar tidur, tidak memiliki plafon dan tanpa kamar mandi.
Dani menjelaskan, renovasi RTLH bagi pejuang veteran ini merupakan program yang dilakukan setiap tahun, menjelang peringatan HUT TNI. Namun sebelum mulai pembangunan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey lapangan dan berkoordinasi dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Tahun lalu, pihaknya telah merenovasi 2 rumah pejuang veteran, yang keduanya berlokasi di Kabupaten Blitar. Menurut Dandim, anggaran yang digunakan berasal dari komando pusat dan swadaya dari para anggota Kodim. Ia berharap, dengan adanya renovasi rumah ini, bisa membuat para veteran menikmati arti kemerdekaan yang sesungguhnya disisa usianya.(vik)

Share icon