x

Bantuan Ayam Bagi Lansia Miskin

Gambar : Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar, SH.

Banyak langkah yang dilakukan pemerintah Kota Blitar untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah Kota Blitar ini. Satu diantara langkah itu adalah pemberian bantuan ayam kepada warga yang sudah berusia 50 tahun keatas, khususnya dari kalangan keluarga miskin. Program ayamisasi ini sudah disosialisasikan oleh Walikota pada beberapa acara di wilayah Kota Blitar. Seperti pada peletakan batu pertama rehab rumah tidak layak huni untuk Gakin di Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul beberapa waktu lalu.

Saat dikonfirmasi di sela-sela kesibukanya Senin (3/10), Muhammad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar mengatakan, program ayamisasi rencananya akan mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2011 mendatang. Hanya saja masih mulai tahap awal. Sehingga belum diketahui seberapa banyak Gakin yang akan menerima bantuan. Namun Walikota sudah memberi gambaran, nantinya setiap lansia akan menerima tiga ekor ayam kampung. Terdisi satu ayam pejantan atau jago dan dua ekor ayam betina atau babon. Jika uji coba nanti berhasil, diprediksi tahun 2012 akan dilaksanakan secara maksimal dengan menganggarkan untuk masyarakat yang layak menerima bantuan.

Walikota menambahkan, ayamisasi ini akan dilakukan untuk masyarakat di seluruh wilayah Kota Blitar. Tidak hanya di satu wilayah saja tetapi di ratakan di tiap-tiap kelurahan. Dengan syarat memiliki lahan untuk beternak ayam. Tentang kandang, rencananya juga akan dibantu. Walikota berpesan, jika ayam nanti sudah sampai ke tangan warga untuk tidak dijual namun di kembangkan biakkan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, bisa menjual anakannya. Atau jika membutuhkan telur bisa mengambil dari telur ayam piaraannya.(der)

Share icon