x

Belum Seluruh Petani Respon Penerbitan Kartu Tani

BLITAR - Jumlah petani yang memiliki sawah di Kota Blitar sekitar 3.400 orang. Bukan hanya asli warga Kota Blitar, namun ada juga warga dari luar Kota Blitar yang memiliki lahan di Kota Blitar.
Dian Lukitasari, SP Kasi Budidaya Tanaman Pangan Dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar pada Kamis (12/10), mengatakan bahwa mulai tahun 2018 nanti, Kementrian Pertanian sudah memberlakukan kepemilikan kartu tani bagi seluruh petani di Indonesia, termasuk petani Kota Blitar. Sehingga mereka bisa memperoleh pupuk bersubsidi maupun seluruh bantuan yang diberikan oleh Kementrian Pertanian. Kamis (12/10), merupakan hari terakhir penginputan data petani oleh petugas. Namun demikian, belum seluruh petani di Kota Blitar merespon penerbitan kartu tani. Terbukti 20 persen dari total sekitar 3.400 petani, mengumpulkan kelengkapan berkas data seperti fotocopi KTP dan KK.
Menurut Dian, kartu tani merupakan bagian dari program Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), yang diberlakukan oleh Kementrian Pertanian mulai tahun 2018. Di Kota Blitar sudah disosialisasikan sejak bulan Mei 2018.
Lebih lanjut Dian menambahkan, dengan kepemilikan Kartu Tani, para petani berhak menerima subsidi pupuk. Nantinya, jika ingin mendapatkan pupuk subsidi, wajib membawa kartu tani ke distributor pupuk.(ram)
Share icon