x

Bersih Desa Kelurahan Turi Isi Berbagai Kegiatan Sosial, Agama Dan Seni

BLITAR - Setiap bulan Jawa Suro, di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, selalu digelar acara ritual bersih desa. Termasuk tahun 2017 ini, yang diisi dengan kegiatan sosial, keagamaan dan ritual yang tidak bisa ditinggalkan, serta kirab budaya.
Wiwik Sri Widayati Sarjana Ekonomi, Lurah Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar menyebutkan bahwa dari rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan kerja bakti di lingkungan masing-masing. Diantara kegiatan lain yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 ini, berupa Do’a umat Kristiani, Ziarah ke makam Mbah Singo, leluhur yang babat keberadaan Kelurahan Turi, Do’a umat Islam, pembacaan Surat Yasin dan Tahlil serta Khataman Al Qur’an.
Wiwik menambahkan, selain acara acara itu, ada acara yang tidak bisa ditinggalkan dan dilaksanakan setiap tahun. Dalam waktu seharian, diawali dengan kunjungan ziarah ke makam leluhur Mbah Barat, dilanjutkan dengan Kirab Budaya dan Baritan. Serangkaian acara ini akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal (17/10) mendatang. Warga dari 12 RT se Kelurahan ikut andil. Baik itu perwakilan sebagai peserta pawai maupun menyaksikan jalannya kirab.(der)

Share icon