x

BPS Prediksi Angka Pengangguran Turun

BLITAR - Maraknya pembangunan rumah toko dan pusat perbelanjaan baru, seperti di Jalan Merdeka dan Jalan Borobudur, Jalan Kalimantan serta di sekitar Stadion Soepriyadi, menjadi pemicu semakin banyaknya tempat usaha baru berdiri di Kota Blitar. Sehingga secara tidak langsung juga menyerap tenaga kerja baru, yang jumlahnya tidak sedikit.
Nanang Widaryoko Sarjana Sains Terapan Magister Sains, Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kota Blitar pada Selasa (24/10), mengatakan bahwa tahun 2014 jumlah warga yang tidak bekerja di Kota Blitar mencapai 1.111 orang, sementara di tahun 2015 hanya 781 orang. Seiring dengan tumbuhnya ekonomi Kota Blitar yang menembus 5,76% di tahun 2016, bisa dijadikan acuan jika jumlah warga yang tidak bekerja tahun ini tidak sampai 500 orang, atau semakin menurun.
Nanang menambahkan, sektor jasa, Perdagangan Hotel dan Restaurant (PHR) serta konstruksi, saat ini menjadi sektor penyerap tenaga kerja muda terbanyak di Kota Blitar. Sementara sector-sektor pertanian, pertambangan, industri pengolahan, LGA serta transportasi dan keuangan juga berperan, tetapi jumlahnya tidak banyak.
Berdasarkan data indikator sosial Kota Blitar tahun, jumlah angkatan kerja di Kota Blitar tahun 2014 mencapai 69.365 orang, sementara di tahun 2015 naik menjadi 75.516 orang.(yud)
Share icon