x

Dinkes Ajak Germas Hidup Sehat Bagi OPD Dan Masyarakat

BLITAR - Beberapa langkah telah dilakukan Dinas Kesehatan Kota Blitar untuk mengajak selalu hidup sehat. Satu diantaranya dengan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017. Untuk menyukseskan Germas Hidup Sehat, selain memberi sosialiasi kepada perwakilan dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Blitar, juga memberikan tes kebugaran kepada masyarakat. Sehingga ajakan ini selain ke OPD juga ke masyarakat.
Hal ini disampaikan Drs. Dharma Setiawan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Sabtu (04/11). Langkah-langkah untuk Germas Hidup Sehat di Kota Blitar telah dilakukan. Seperti sosialisasi inpres tentang Germas Hidup Sehat untuk memberikan pemahaman yang sama kepada OPD. Germas dengan tiga indikator, aktifitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, dan pemeriksaan kesehatan 6 bulan sekali. Tidak hanya itu, tahun ini juga telah melakukan tes kebugaran kepada masyarakat. Seperti kepada para Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan dan lain-lain. Bahkan Dinas Kesehatan juga selalu memberi ajakan kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat melalui Germas Hidup Sehat. Ajakan itu dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat yang cukup banyak. Seperti, acara Pawai Kebangsaan, Pawai Budaya, dan Pameran.
Dharma pada Sabtu (04/11), menambahkan bahwa jika tahun ini Dinkes yang memberikan sosialisasi dan tes kebugaran, berharap tahun depan masing-masing OPD melakukan kegiatan tes kebugaran kepada karyawan-karyawati, dan dari Dinas Kesehatan memfasilitasi. Sehingga di Kota Blitar selalu tercipta kebugaran dan sehat.(der)
Share icon