x

Event Internasional Jota Joti Kembali Digelar

BLITAR - Event Gerakan Pramuka internasional "Jota Joti" kembali digelar. Tahun ini terselenggara mulai 20 hingga 22 Oktober 2017.
Jota "Jambore in the air" dan Joti "Jambore in the internet" di Kota Blitar, dimulai dengan upacara pembukaan di halaman Kwarcab Kota Blitar, pada Jumat pagi(20/10). Jambore dibuka Imam Mahmud Sekretaris Kwarcab Kota Blitar, dengan diikuti peserta pramuka tingkat penegak dan pandega. Dilanjutkan dengan pengarahan secara umum tentang Jambore yang disampaikan pengurus Kwarcab, dan materi dari ORARI (Organisasi Radio Amatir) wilayah Kota Blitar.
Mujianto, S.Sos., M.Si Waka Humas dan Abdimas Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar pada Sabtu (21/10), mengatakan bahwa pelaksanaan Jota Joti sendiri merupakan sarana bagi anggota pramuka untuk bertukar ilmu dan pengalaman, dengan sesama pramuka di seluruh dunia. Bagi anggota Pramuka yang ingin melakukan komunikasi Jota, bisa melalui kantor Kwarcab Kota Blitar antara pukul 10 pagi sampai 3 sore, dengan menggunakan Handy Talky (HT) dan dibimbing langsung Dewan Kwarcab. Sementara untuk komunikasi internasional dapat dilakukan, antara pukul 12 malam sampai 2 pagi. Sedangkan untuk Joti, dapat menggunakan apilkasi MIRC atau Internet Chat Room. Bisa diakses kapan saja dan dimana saja, asalkan peserta terhubung dengan jaringan internet. Selain itu juga bisa mengakses website joti.org untuk mendapatkan panduan.
Menurut Mujianto, Jota Joti merupakan event pramuka tahunan dan selalu digelar pada bulan Oktober. Di tahun 2017 ini, Jota merupakan event yang diadakan ke-80, sedangkan bagi Joti ini merupakan tahun ke-23.(vik)
Share icon