x

Kampung 3D Bongares Resmi Dibuka

BLITAR - Pasca dibuka pada bulan April 2017 lalu, hingga kini Wisata Lukisan 3 Dimensi (3D) Bongares Kota Blitar, sudah mendapatkan ribuan pengunjung. Kampung wisata yang dibuat untuk pecinta selfie ini, berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, depan Polres Blitar Kota.
Drs. Kusuma Wibawa Lurah Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar menuturkan pada Sabtu (04/11), selain wisatawan lokal Blitar, Kampung 3D juga sering dikunjungi wisatawan luar daerah, misalnya Banyuwangi, Jember dan Bandung. Kedatangan mereka, merupakan satu diantara efek yang timbul akibat promosi yang dilakukan warga sekitar maupun pengunjung, melalui sejumlah akun sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Rata-rata pengunjung yang datang pada saat week day, sekitar 90 hingga 100 orang.  Sedangkan saat week end atau hari libur, sekitar 150 orang.
Kampung 3D merupakan satu diantara tempat wisata di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar, yang pengerjaannya dilakukan warga setempat, secara suka rela pada dini hari. Menurut Kusuma, selama proses pembuatannya warga juga ikut berpartisipasi, dengan memberikan sejumlah sarana, seperti cat, kuas dan konsumsi untuk para seniman. Ditempat ini terdapat sekitar 30 spot untuk selfie pengunjung, yang tersebar dibeberapa gang rumah warga. Menurut rencana, Kampung 3D Bongares akan dikembangkan di seluruh wilayah Kelurahan Kepanjenlor. Namun pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap.
Kusuma menuturkan (04/11) selama ini pihak kelurahan selaku pelindung, telah membuatkan SK untuk Paguyupan Bongares. Selain itu juga rutin memantau perkembangan Bongares, melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kepanjenlor. Selain itu, selama ini pihak kelurahan juga selalu memberikan support, dan memberi solusi jika ditemukan kendala. Selama ini, sumber dana yang digunakan untuk pemeliharaan dan menggambar spot selfie, berasal dari karcis parkir pengunjung, sumbangan suka rela pengunjung, hasil patungan dari warga dan pihak sponsor. Kusuma mengakui, saat ini lahan parkir masih menjadi PR tersendiri. Mengingat lokasi Bongares berada diwilayah padat penduduk. Untuk itu pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan RT-RW setempat agar dapat segera membangun tempat parkir bagi wisatawan.(vik)

Share icon