x

Kapolresta Blitar: Siap Tegakkan Hukum dan Tidak Diskriminatif

BLITAR - Putaran Pilkada telah memasuki masa kampanye, dan selama sepekan ini tidak ada kejadian mencolok maupun pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada waktu gelaran kampanye berlangsung. Hal ini disambut baik oleh pihak keamanan, agar keberlangsungan putaran pilkada dapat tetap berjalan kondusif hingga akhir pelaksanaan. Tetapi apabila sampai terjadi kerusuhan yang berujung anarkis, Polres Blitar Kota siap untuk mengamankannya dengan berbagai cara bahkan untuk perintah tembak ditempat.

Seperti yang disampaikan oleh AKBP Yossy Runtuhakhu Kapolres Blitar Kota pada Senin (07/09) saat dikonfirmasi seusai pelaksanaan Upacara Purna Bhakti anggota kepolisian di halaman Mapolres Blitar Kota, pihaknya siap memberikan perlindungan, pengayoman, Pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum sesuai prosedur secara profesional dan tidak diskriminatif. Dirinya menghimbau kepada para pendukung dan simpatisan pasangan calon agar senantiasa menjaga kerukunan dan keamanan di wilayah Kota Blitar. Karena polisi akan bertindak sesuai dengan undang-undang dalam rangka menjaga kemanan dan keberlangsungan pemilukada tahun 2015 dengan berbagai cara yang sudah ditetapkan. Yossy menegaskan bahwa pihaknya akan memberlakukan protap 01 untuk pendukung yang melakukan tindakan anarkis, dimana protap 01 itu tertuang dalam Peraturan Kapolri nomor 1/X/2010 tentang penanggulangan tindakan anarkis seperti halnya perintah tembak secara terukur terhadap mereka yang melakukan tindakan anarkisme,  termasuk pendukung atau simpatisan calon Walikota.

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Blitar untuk tidak terpancing terhadap isu-isu yang menyesatkan selama putaran Pilkada dan bahkan ikut berbuat anarkis, sehingga dapat mengganggu keamanan.(sar) 

Share icon