x

Kota Blitar Berhasil Pertahankan Penghargaan LKPD Tahun 2016

BLITAR - Penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 untuk Kota Blitar, diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, kepada Wakil Walikota Blitar, di Gedung Grahadi Surabaya Rabu (01/11).
Widodo Saptono Johanes Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar pada Kamis (02/11), mengatakan bahwa LKPD merupakan penghargaan tertinggi terhadap pengelolaan keuangan. Diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Keuangan, bagi pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota. Kota Blitar sendiri berhasil mempertahankan perolehan LKPD, sejak tahun 2013 lalu.
Menurut Widodo bahwa ada 4 indikator penilaian, yakni penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010, penyusunan dan penyajian laporan wajar, kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku, serta adanya sistem pengendali internal yang sudah berjalan.
Lebih lanjut Widodo pada Kamis (02/11), menambahkan bahwa keberhasilan mempertahankan Penghargaan LKPD ini berkat komitmen kepala daerah, untuk selalu meningkatkan kualitas keuangan daerah, yang transaparan dan akuntabel. Serta campur tangan semua pihak terkait, mulai dari kepala daerah, pihak legislative, OPD pengelola keuangan maupun OPD pembina dan pengendali serta masyarakat.(ram)

Share icon