x

Kwarcab Gerakan Pramuka Gelar KMD Pembina Pramuka 2017

BLITAR - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Blitar bekerjsama dengan Universitas Negeri Malang di Blitar kembali menggelar Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) Pembina Pramuka. Kegiatan berlangsungg selama lima hari, mulai 20 hingga 24 September 2017. Untuk kegiatan dihari pertama, setelah dibuka Drs. Haji Santoso, M.Pd Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar, diisi dengan materi kepramukaan didalam ruang, bertempat di Aula UM di Blitar. Setelah materi indoor selesai berlanjut dengan perkemahan. Perkemahan berlangsung di Halaman Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Jalan Bengawan Solo Kota Blitar.
Subandi, S.Pd pimpinan kursus pada Rabu (20/09), mengatakan bahwa dalam KMD ini diikuti sekitar 88 mahasiswa. Para peserta menerima materi tentang kepramukaan sesuai petunjuk. Baik itu materi-materi pengetahuan pramuka maupun praktik dilapangan.
Subandi menambahkan, di gelarnya KMD, peserta memang dipersiapkan untuk menjadi pembina pramuka. Dengan menerima materi-materi dari kursus ini mereka mendapatkan bekal untuk menjadi pembina. Sehingga jika sudah lulus kuliah dan menjadi guru, sudah siap untuk membina pramuka kepada anak didiknya. Karena sudah ada pengalaman pramuka. Kegiatan ini perlu dilakukan, mengingat pendidikan pramuka merupakan ekstra kurikuler yang wajib disekolah sekolah.(der)
Share icon