x

Libatkan Anggota Pramuka Kwarcab, Pemkot Gelar Sosialisasi Saka Kalpataru

BLITAR - Melibatkan para peserta para anggota pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar, ketua gugus depan SMA/SMK/MA dan dari perguruan tinggi, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Sosialisasi Saka Kalpataru. Kegiatan berlangsung di Balaikota Kusumowicitro, Kamis (05/10).
Sosialisasi dibuka Drs. Ec. Setija Basuki Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Kota Blitar pada Kamis (05/10), Setija Basuki mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini, agar saling menjaga lingkungan hidup. Baik itu di sekitar rumah masing-masing, lingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat luas. Tidak hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup saja, dalam menjaga lingkungan ini juga perlu adanya sinergi dengan pramuka dan masyarakat. Apalagi pramuka tingkat sosialnya cukup tinggi. Dengan adanya sosialisasi ini akan terjalin kerjasama dalam menangani lingkungan untuk lebih baik lagi. Meski saat ini kondisi lingkungan di Kota Blitar cukup baik.
Sementara itu Pande Ketut Suryadi, SH Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar mengatakan, Saka Kalpataru untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan kepada para anggota pramuka, khususnya penegak dan pandega, pelajar SMA sederajat dan dari perguruan tinggi, dalam menyalurkan minat, bakat dan kemampuan serta ketrampilan khususnya dalam bidang lingkungan hidup.
Pande menambahkan, kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang. Menghadirkan dua narasumber. Masing-masing, Eka Agustin Muktini, ST., M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur dan Endang Sulistyowati, SH., S.Pd., M.Kes dari Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur. Dengan materi tentang persyaratan, kelengkapan dan komponen Saka Kalpataru, serta bentuk aksi nyata Saka Kalpataru. Karena arah dari kegiatan ini tidak hanya terbentuknya Saka Kalpataru, namun juga dampak dari terbentuknya saka ini.(der)
Share icon