x

Libatkan Perwakilan OPD, Dinkes Beri Sosialisasi Germas Hidup Sehat

BLITAR - Sebagai dinas yang menangani kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Blitar berkewajiban untuk memberikan sosialisasi Inpres No 1 tahun 2017, tentang Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Untuk itu Selasa (26/09), telah menggelar sosialiasi, dengan melibatkan peserta perwakilan dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Blitar.
dr. Dharma Setiawan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar Selasa pagi (26/09), mengatakan bahwa sosialisasi Inpres no 1 2017 tentang Germas Hidup Sehat ini perlu dilakukan, untuk memberikan pemahaman yang sama, khususnya di OPD. Diharapkan masing-masing OPD, memahami tentang bagaimana mewujudkan Germas. Dengan indikator-indikator, aktifitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, dan pemeriksaan kesehatan 6 bulan sekali.
Dharma menambahkan, dalam sosialisasi yang diikuti sekitar 42 peserta ini, selain memberikan sosialisasi dengan materi-materi secara teori, juga dipraktikkan indikator-indikator dalam Germas Hidup Sehat. Seperti senam peregangan ditempat kerja, termasuk memberikan contoh pola makan dan pengecekan kesehatan. Diharapkan masing-masing OPD juga akan mengklasifikasi karyawan-karyawatinya, bugar atau tidak. Bugar pasti sehat dan sehat belum tentu bugar.(der)
Share icon