x

Peringatan HUT TNI Agendakan Ziarah Ke Makam Para Mantan Presiden

BLITAR - Sebagai upaya untuk meneladani langkah kepemimpinan para presiden, TNI menjadwalkan kegiatan ziarah ke makam mantan presiden, sebagai salah satu agenda wajib peringatan hut TNI. Ziarah rombongan tahun ini, dilaksanakan Senin (18/09). Secara langsung dipimpin Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Panglima TNI. Tujuan pertama ziarah ke Makam Bung Karno Kota Blitar.
Dikonfirmasi sesuai ziarah Gatot pada Senin (18/09), mengatakan bahwa Ziarah rombongan tahun 2017 merupakan ziarah tahun kedua. Sejak tahun 2016 lalu, setiap rangkaian kegiatan HUT TNI, diagendakan ziarah ke makam presiden. Berdasarkan undang-undang kedudukan presiden merupakan panglima tertinggi. Hal itu dianggap penting, agar sebagai generasi penerus bangsa tidak melupakan sejarah. Melalui kegiatan ziarah itu pula,diharapkan mampu mengingatkan kembali kepada generasi penerus bangsa, tentang semangat perjuangan kepemimpinan para presiden. Selama menjabat sebagai pimpinan tertinggi, seringkali presiden dihadapkan dengan berbagai permasalahan, yang menyangkut kepentingan rakyat banyak. Namun dengan mengesampingkan keegoan, mampu mengatasi persoalan yang ada. Sehingga Gatot berharap, baik dirinya maupun panglima TNI berikutnya juga bisa meneladani jiwa kepemimpinan para presiden RI itu.
Pasca ziarah Makam Bung Karno, dilanjutkan ziarah ke Makam Gus Dur di Jombang dan Makam Suharto di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Selain itu juga dijadwalkan ziarah ke Makam Jenderal Sudirman di Yogyakarta dan makam taman pahlawan di Dili dan Bakau.(ram)
Share icon