x

Persiapkan Lomba Tahfidz, MTsN 1 Datangkan Hafidz Hafidzah

BLITAR - Sebagai sekolah yang berada di bawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Blitar, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Blitar juga mengedepankan nilai rohani di lingkungan sekolahnya. Menurut rencana, mulai semester 2 nanti, setiap pagi pihaknya akan menugaskan siswa penghafal Al-Qur’an untuk melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, sehingga bisa didengar seluruh warga sekolah dipagi hari, sebelum mulai pelajaran.
Muzaini Kepala MTs Negeri 1 Kota Blitar pada Senin (30/10), menuturkan bahwa rencana ini merupakan satu diantara persiapan yang dilakukan, untuk menyongsong lomba menghafal Al-Quran atau Tahfidz Quran tingkat kota dan provinsi, yang akan dilaksanakan pada bulan Pebruari 2018. Terlebih sekolah yang biasa disebut Matsaneba ini, selalu digunakan sebagai lokasi lomba tahfidz tingkat kota, karena merupakan sekolah induk. Sementara itu berdasarkan event yang sama di tahun sebelumnya, lomba tingkat provinsi diselenggarakan di Surabaya.
Muzaini menambahkan, saat ini sekolahnya memiliki 68 siswa penghafal Qur’an dengan tingkatan yang berbeda. Mulai dari pemula hingga hafal 3 sampai 7 juzz. Untuk itu, saat ini pihaknya berencana untuk mengundang hafidz dan hafidzoh, atau penghafal Al-Qur’an untuk membimbing siswanya, guna mempersiapkan lomba yang akan diikuti.
Sebelumnya pada lomba yang sama, MTs Negeri 1 Kota Blitar mengirimkan 12 penghafal Al-Qur’an untuk mengikuti lomba ditingkat kota, dan berhasil menjadi juara. Sehingga mengikuti lomba di tingkat provinsi. Namun hanya 2 siswa yang berhasil menjadi Juara Harapan, untuk kategori putra dan putri. Menurut Muzaini, perolehan juara pada lomba sebelumnya, akan dijadikan bahan evaluasi agar mampu memberikan yang terbaik pada lomba yang akan diikuti selanjutnya.(vik)
Share icon