x

Peserta KMD Pramuka, Ikuti Perkemahan Di Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka

BLITAR - Setelah mengikuti pembukaan oleh Drs. Haji Santoso, M.Pd Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar di Aula Universitas Negeri Malang (UM) di Blitar dan diisi dengan materi kepramukaan didalam ruang, Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) Pembina Pramuka, dilanjutkan dengan kegiatan out door. Berupa perkemahan yang berlangsung di Sekreatriat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jalan Bengawan Solo Kota Blitar. Kegiatan berlangsungg selama lima hari, mulai 20 hingga 24 September 2017.
Hal ini disampaikan Subandi, S.Pd pimpinan kursus pada Sabtu (23/09), menurutnya bahwa dalam KMD hasil kerjasama Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Blitar dengan UM di Blitar ini, diikuti sekitar 88 peserta. Terdiri 72 putri dan 16 putra. Para peserta menerima materi tentang kepramukaan sesuai petunjuk. Baik itu materi-materi pengetahuan pramuka maupun praktik dilapangan. Dalam latihan dilapangan dalam bentuk perkemahan, seluruh peserta dibagi 11 tenda. Terdiri 2 tenda putra dan 9 tenda putri. 
Subandi menambahkan, di gelarnya KMD peserta memang dipersiapkan untuk menjadi pembina pramuka. Dengan menerima materi-materi dari kursus, mereka mendapatkan bekal untuk menjadi pembina. Seperti materi tentang musyawarah regu, pionering, permainan menarik, penjelajahan, baris-berbaris dan lain-lain. Sehingga jika sudah lulus kuliah dan menjadi guru, sudah siap untuk membina pramuka kepada anak didiknya.(der)
Share icon