x

PMI Kirim Seorang Relawan Dipengungsian Gunung Agung Bali

BAHWA - Lutfil Chakim Kasi pelayanan PMI Kota Blitar menjadi satu satunya perwakilan dari PMI Kota Blitar, yang berangkat ke shelter pengungsi Gunung Agung Bali. Disana ia ditunjuk sebagai koordinator bagi relawan lain dari sejumlah provinsi di Jawa Timur, mulai 8 hingga 15 Oktober 2017.
Eko Hariyanto Sekretaris PMI Kota Blitar pada Kamis (12/10), saat dikonfirmasi menuturkan bahwa Lutfil dipilih langsung PMI Provinsi Jawa Timur, dan berangkat bersama perwakilan dari PMI lain, seperti tim dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Bojonegoro. Menurutnya, di Bali Lutfil membawahi tim relawan Jember dan Surabaya dengan jumlah personel 9 orang, yang berlokasi di PMI Provinsi Bali Jalan Imam Bonjol Nomor 182 Denpasar. Selama ini, pihak PMI Kota Blitar selalu melakukan koordinasi dan mengikuti kabar terbaru dengan pihak PMI Bali. Kabar terbaru, saat ini Gunung Agung Bali masih dalam status awas, dengan jumlah pengungsi yang fluktuasi. Hal ini merupakan efek dari adanya pengurangan radius zona merah.
Eko menambahkan, tugas para relawan PMI di shelter bukan hanya sekedar untuk mendirikan tenda, tetapi juga membantu relawan setempat untuk menjaga kesehatan pengungsi, melakukan pertolongan pertama, serta melakukan persiapan trauma healing. Selain itu juga memberikan rasa nyaman kepada pengungsi yang masih anak-anak, agar tetap merasa nyaman meskipun berada di tenda pengungsian.(vik)
Share icon