x

Polres Gelar Latihan Dalmas Perdana

BLITAR - Jumat pagi (03/11), Polres Blitar Kota menggelar latihan Pengendalian Masyarakat “Dalmas”. Kegiatan diselenggarakan di area Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar.
AKP Wahono Kasat Sabhara Polres Blitar Kota pada Jum’at (03/11), menuturkan bahwa Dalmas ini merupakan yang pertama kali digelar. Namun meski demikian, nantinya akan dijadikan agenda rutin mingguan. Untuk lokasinya, akan berpindah-pindah misalnya seperti di PIPP atau Lapangan Sananwetan Kota Blitar. Pada latihan pertama kali ini, diikuti 2 pleton personel atau sekitar 70 prang. Terdiri dari kelompok Sabhara dan anggota, dari seluruh Polsek di Kota Blitar. Latihan Dalmas diselenggarakan untuk mempersiapkan adanya sejumlah event yang melibatkan masa. Materi yang diberikan pada Dalmas perdana kali ini, berkaitan dengan materi dasar tentang cara menghadapi masa, dan menahan emosi diri sendiri saat menghadapi masa di lapangan.
Wahono menambahkan, para personel yang mengikuti Dalmas dilengkapi dengan sejumlah perlengkapan, seperti rompi kevlar, helm, tameng dan tongkat. Nantinya personel yang telah mengikuti Dalmas ini, akan diterjunkan pada moment tertentu, seperti saat ada unjuk rasa. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini para personel kepolisian di Kota Blitar memiliki kemampuan untuk menghadapi masyarakat yang anarkis, dan bisa mengendalikan emosi diri sendiri. Karena mereka akan menghadapi masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan.(vik)

Share icon