x

Program Peningkatan Sosial Ekonomi Kelurahan Kepanjenlor Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

BLITAR - Setiap tahun, Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar mengagendakan pelatihan, dalam program Peningkatan Sosial Ekonomi untuk warga di wilayahnya. Tahun ini terdapat 2 pelatihan yang telah dilaksanakan, masing-masing pelatihan cutting sticker dan pembuatan souvenir.
Dhimas Nugroho, S.I.P. Sekretaris Kelurahan Kepanjenlor pada Senin (31/10), menjelaskan bahwa pelatihan diikuti sekitar 20 warga yang berasal dari 6 RW di Kelurahan Kepanjenlor. Sementara pelatih yang didatangkan merupakan warga yang sudah berkompeten dibidangnya. Pelatih cutting sticker pemilik toko stiker di Jalan Enggano Kota Blitar. Sementara pelatih pembuatan souvenir merupakan warga Jalan Tengger Kelurahan Kepanjenlor, yang bersangkutan merupakan pemilik “Rumah Piala”.
Meskipun program Peningkatan Sosial Ekonomi telah dilaksanakan pada awal tahun 2017, namun Dhimas mengaku bahwa hasil dari pelatihan masih bisa dirasakan peserta hingga kini. Terbukti dengan adanya program itu, tingkat ekonomi masyarakat semakin bertambah. Selain itu juga meningkatkan bidang keahlian warga, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah setempat. Menurutnya bahwa jika warga menemui kendala dalam produksi, warga langsung diarahkan kepada pelatih masing-masing. Sementara pihak kelurahan, membantu memasarkan hasil produksi dari warga, dengan mengikutkannnya di bazaar atau pameran yang diadakan Pemkot Blitar.
Dhimas pada Selasa (31/10), menambahkan bahwa paska mengikuti pelatihan, hingga kini para peserta pelatihan sudah menerima banyak pesanan, misalnya seperti gantungan kunci dan souvenir. Kebanyakan dari pemesan berasal dari dalam Kota Blitar.(vik)

Share icon