x

Puluhan Petugas Perpustakaan Sekolah Tingkat SD-SMP Ikuti Workshop Penggunaan Aplikasi

BLITAR - Workshop dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal (02/11), bertempat di Ruang Sasana Praja Pemkot Blitar. Diikuti sekitar 95 peserta terdiri dari 70 orang petugas perpus di tingkat SD/MI dan 25 lainnya petugas perpus di SMP/MTs se Kota Blitar.
Drs. Muchson, M.AP. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar pada Kamis (02/11), mengaku bahwa sengaja mendatangkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi perpus berupa “INLIS Lite Versi 3”, yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpusnas. Seiring dengan perkembangan dunia perpustakaan, dan perkembangan teknologi, memang seharusnya pengelola perpustakaan diseluruh daerah termasuk perpus sekolah, untuk mulai menerapkan perpustakaan digital.
Menurut Muchson, lambat laun Kota Blitar juga dituntut untuk menerapkan aplikasi “INLIS Lite”. Sehingga pihaknya meminta peserta workshop benar-benar menggali ilmu sebanyak mungkin dari narasumber. Agar mampu meningkatkan eksistensi perpus sekolah sebagai wahana belajar.
“INLIS Lite” merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan, yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011 lalu. Dalam rangka penyediaan sarana pendukung untuk membantu pengembangan otomasi perpustakaan diseluruh Indonesia, sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia, dan lain-lain.(ram)
Share icon