x

Ratusan Pengurus FKDM Tingkat Kelurahan Hingga Tingkat Kota Dikukuhkan

BLITAR - Pemerintah Kota Blitar melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbang Pol PBD), selain mengukuhkan Forum Kader Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kecamatan dan Kelurahan, juga mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).
Drs. Haji Santoso, M.Pd Wakil Walikota Blitar dikonfirmasi seusai mengukuhkan para pengurus FKDM di Balaikota Kusumowicitro Kota Blitar Selasa pagi (26/09), mengapresiasi positif adanya forum-forum ini. Menyambut baik forum-forum yang sudah terbentuk tidak hanya ditingkat Kota Blitar saja, namun juga sampai bawah, tingkat kecamatan dan kelurahan. Dalam rangka menciptakan sistuasi dan kondisi yang aman dan kondusif di Kota Blitar. Jika ada indikasi-indikasi yang berpotensi terjadinya konflik, dapat cepat terdeteksi. Jangan sampai berkembang lebih jauh. lurah dan camat harus mengetahu jika ada hal-hal yang mengarah pada konflik dan melaporkannya ke FKDM tingkat kota. Sehingga pemerintah daerah dapat mengambil kebijakan yang tepat, dari sumber informasi sejak dini.
Sementara itu Warnoto, S.Sos Kepala Bidang Ketahanan Bakesbang Pol PBD Kota Blitar Selasa pagi (26/09), mengatakan bahwa para pengurus FKDM baik ditingkat kota, kecamatan dan kelurahan ini telah terbentuk beberapa waktu yang lalu, dan ini tinggal pengukuhannya. Setelah dikukuhkan mereka akan menjalankan tugas selama tiga tahun kedepan.
Warnoto menambahkan, jumlah pengurus dan anggota FKDM baik tingkat kota/ kecamatan dan kelurahan, sekitar 367 orang. Peran mereka membantu masyarakat untuk waspada sejak dini dalam menjaga kondusifitas di sekitarnya. Jika ada hal-hal yang terdeteksi, bisa lebih cepat, tepat dan lapor cepat. Terciptanya Kota Blitar yang kondusif, masyarakatnya rukun dan harmonis yang selalu diharapkan.(der)
Share icon