x

Ruwatan Massal Diminati Masyarakat

BLITAR - Setiap dua tahun sekali atau setiap tahun ganjil, pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan menggelar ruwatan massal. Tahun ini dilaksanakan pada tanggal (01/10), di area Istana Gebang. Terbuka untuk masyarakat umum, baik dari wilayah kota maupun Kabupaten Blitar. Adapun pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal (26/09).
Ir. Hariyanto Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Blitar pada Rabu (20/09), mengatakan bahwa ruwatan masal dilaksanakan sebagai upaya untuk tetap melestarikan budaya tradisi bangsa. Dimaksudkan untuk membuang kesialan hidup bagi orang orang yang nandang sukerto dan sengkala. Meskipun digelar rutin dua tahun sekali, namun masih sangat direspon postif oleh masyarakat. Terbukti jumlah peserta yang mendaftar cukup banyak.
Lebih lanjut Hariyanto menambahkan, pendaftaran untuk seluruh peserta gratis. Hanya saja bagi peserta dari luar kota membawa kain mori sendiri, sementara peserta dari Kota Blitar sudah disediakan secara gratis oleh panitia.(ram)
Share icon