x

SDN Tanjungsari 2 Targetkan Adiwiyata Nasional

BLITAR - Selama tiga hari, mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017, tim verivikasi Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa timur melakukan visitasi keenam lembaga sekolah di Kota Blitar. Untuk melakukan penilaian menuju Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. Setiap harinya, ada dua lembaga sekolah yang menjadi sasaran visitasi verifikasi. Setelah MI Hidayatullah dan SMP Negeri 6 dihari pertama dan MI Nurul Huda dan MTs Negeri 1 dihari kedua, untuk hari terakhir di SD Negeri Tanjungsari 2 dan SD Alam Al Ghifari.
Sasmito, S.Pd ketua tim Adiwiyata SD Negeri Tanjungsari 2 Kota Blitar pada Kamis (12/10), mengatakan bahwa tahun ini sudah sampai ketahapan penilaian tingkat provinsi, sebagai tindak lanjut dari prestasi yang diraih sebelumnya yang telah meraih Adiwiyata tingkat kota tahun 2016. Sekolah telah siap secara maksimal dalam menghadapi tim dari Provinsi Jawa Timur. Untuk bisa meraih penghargaan Adiwiyata, perlu peran dari berbagai pihak. Selain murid dan para guru serta karyawan-karyawati di sekolah, juga peran walimurid dan tokoh masyarakat sekitar. Termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.
Sasmito menambahkan, keberadaan SD Negeri Tanjungsari 2 Kota Blitar yang peduli terhadap lingkungan, ditunjukkan dengan adanya kurikulum pembelajaran yang mengarah pada peduli lingkungan. Pembiasaan-pembiasaan di sekolah, seperti selalu peduli sampah dengan mengambil sampah yang ada dilokasi sekolah dan menempatkan pada tempatnya. Kantin sekolah yang menjual makanan dan minuman sehat, seperti tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna yang membahayakan. Dengan kondisi ini targetkan, SD Negeri Tanjungsari 2 bisa meraih Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional, bahkan sampai ke Adiwiyata Mandiri.
Sekolah Adiwiyata yang mendapat kunjungan tim verivikasi ini, bagi sekolah yang sebelumnya telah meraih penghargaan tingkat kota. Kemudian melanjutkan ke jenjang diatasnya, tingkat Provinsi Jawa Timur. Sebelum penilaian dilapangan, mereka telah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan ke provinsi, dan dinyatakan lolos.(der)
Share icon