x

Sekitar 31.190 Anak Usia Dini Terima Obat Cacing

BLITAR - Selain melaksanakan imunisasi MR pada bulan Agustus dan September 2017, Pemkot Blitar melalui Dinas Kesehatan baru saja menyelesaikan untuk pemberian obat cacing bagi anak usia dini usia 12 hingga 72 bulan. Harni Setyorini, ST Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Selasa (19/09).  Mengatakan bahwa pemberian obat cacing memang rutin diberikan setahun sekali, pada saat pemberian vitamin A. Dilaksanakan pada bulan Agustus, baik diposyandu atau fasilitas kesehatan lainnya termasuk di TK, Paud, kelompok bermain atau tempat penitipan anak.
Menurut Harni, untuk sasaran Kota Blitar yang sudah mendapatkan obat cacing sekitar 31.190 anak. Adapun fungsi pemberian obat cacing, untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami cacingan.
Adapun dampak dari cacingan, tubuh menjadi sangat kurus, karena nutrisi diambil oleh cacing, sehingga tubuh menjadi kekurangan nutrisi. Dapat membuat anak-anak maupun dewasa mudah sakit, karena daya tahan tubuh yang menurun, kehilangan berat badan dan lain-lain.(ram)
Share icon