x

Tingkatkan Ekonomi Kreatif, Kelurahan Turi Gelar Beberapa Pelatihan

BLITAR - Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar berupaya agar warganya mampu memiliki ketrampilan dan meningkatkan usahanya yang mengarah pada peningkatan ekonomi kreatif. Bagi warganya yang masih produktif dan memiliki kiat untuk usaha dibekali dengan pelatihan pelatihan.
Diantara pelatihan yang telah dilaksanakan tahun 2017, pelatihan menjahit tingkat mahir dan pelatihan membuat aneka kue. Masing-masing jenis pelatihan ini melibatkan sekitar 24 warga.
Wiwik Sri Widayati, S.E Lurah Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar pada Rabu (20/09), mengatakan bahwa diantara pelatihan pelatihan yang telah dilakukan ini ada yang pelatihan untuk pemula dan ada yang sudah mengarah pada tingkat lanjutan. Seperti pelatihan menjahit yang telah dilaksanakan merupakan pelatihan lanjutan, sehingga pesertanya sama. Bagi peserta yang tahun 2015 lalu mengikuti pelatihan dasar dan 2016 mengikuti pelatihan tingkat trampil serta tahun 2017 ini mengikuti pelatihan menjahit tingkat mahir. Sedangkan untuk pelatihan membuat aneka kue kering dan kue basah ini bagi pemula dan cukup dilaksanakan satu tahapan saja. Dengan menjalin kerjasama dengan pihak industri sebagai pelatih, masing-masing pelatihan berlangsung sekitar 10 hari.   
Wiwik menambahkan, beberapa pelatihan yang melibatkan peserta warga yang masih berusia produktif dan membutuhkan ketrampilan ini dilaksanakan, sesuai harapan walikota Blitar agar tercipta ekonomi kreatif. Dengan membekali warga dengan materi yang terfokus pada ketrampilan, agar mereka bisa membuka usaha yang dapat mengarah pada peningkatan ekonomi mereka.(der)

Share icon